//

SI-AMANG CERIA

Inovasi Aplikasi untuk Permohonan Magang/PKL dan Pencegahan Pernikahan Dini Anak

PECEL PESANTREN PEDAS

Aplikasi Pelayanan E-Court dan E-Litigasi Melalui Portal Elektronik Administrasi Layanan Masyarakat Terintegrasi dengan Pengantaran Produk Sampai Rumah

Antrian Sidang Online

SI-ARUM (Sistem Antrian Sidang dari Rumah (Online) memudahkan masyarakat dalam mengambil nomor antrian sidang dari rumah.

KLANTING

Aplikasi untuk Konsultasi dan Pengaduan Online Terintegrasi

SURAMADU CEPAT

Aplikasi Sistem Tata Surat Terpadu, Cuti, Reward dan Punishment Pegawai Terintegrasi

E-COURT

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online

Gugatan Mandiri

Aplikasi bagi Masyarakat untuk Membuat Gugatan/Permohonan Mandiri

PTSP-ONLINE

Pelayanan Terpadu Satu Pintu-Online untuk Memberikan Layanan secara Online

KALPARA

Aplikasi Kalkulator Panjar Perkara (KALPARA) untuk Memudahkan Masyarakat dalam Melakukan Etimasi Biaya Berperkara

SIPP

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 340

Minggu Ke 2 PPCH PA Jombang Mulai Kegiatan Memahami Tata Kelola Administrasi Kesekretariatan

 

Senin, 26 Februari 2024 minggu ke-2 sebanyak 8 (delapan) calon Hakim pada PA Jombang bertemu dengan bagian Kesekretariatan di ruang rapat. Dimana sebelumnya atau pagi setelah apel diadakan sosialisasi dengan para tutor dan mentor untuk menjelaskan apa saja kegiatan yang dilaksanakan mulai minggu ke-2 ini. Kegiatan dimulai pukul pukul 10.00 wib dengan agenda utama penyamaan persepsi antara calon Hakim dengan bagian Kesekretariatan melalui pembahasan Maklumat, tugas dan kegiatan harian serta mingguan selama magang.

 

Sesuai dengan jadwal bahwa 24 Februari s.d 17 Maret 2024 Mentee atau istilah bagi peserta magang calon Hakim akan memperoleh materi dari bagian Kesekretariatan. Berdasarkan Maklumat yang dibagikan melalui Mentor bahwa materi study report diantaranya memahami tata kelola persuratan, tata kelola kepegawaian, tata kelola keuangan. Dengan latar belakang penugasan calon Hakim pada satuan kerja sebelumnya yang beragam, maka perlu dilakukan sosialisasi dan pengenalan bagian Kesekretariatan Pengadilan Agama secara tugas pokok dan fungsi.

Sekretaris Pengadilan Agama Jombang Rohmad Bahrudin,S.Kom,M.HP didampingi oleh ke-3 (tiga) kepala sub bagian pada sesi awal memberikan materi tentang PERMA 7 tahun 2015 sampai dengan inovasi yang ada di Pengadilan Agama Jombang. Masing kepala sub bagian menjelaskan apa saja kewenangan, tanggung jawab, TUPOKSI dan timeline masing-masing. Dengan aplikasi yang digunakan baik yang berasal dari internal Mahkamah Agung atau stakeholder ekternal. Antusias dan keingintahuan yang besar tentang apa itu SAKIP, SIKEP, sistim penganggaran, penggajian sampai dengan bagaimana proses pengesahan dan realisasi DIPA.

Setidaknya pemahaman tentang bagian pada Kesekretariatan akan memudahkan proses learning by doing sebelum masuk ke Diklat. Untuk memahami tata kelola persuratan maka materi selanjutnya atau awal  adalah sosialisasi Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI nomor 131/KMA/SK/VII/2023 tentang pedoman tata naskah dinas. Karena Mahkamah Agung telah menetapkan standar tata persuratan secara format penomoran, bentuk surat sampai dengan ukuran dan jenis ukuran serta berat kertas. Kemudian di awal juga dijelaskan bahwa tata persuratan di Pengadilan Agama Jombang telah menggunakan aplikasi SURAMADU (sistim tata surat dan arsip terpadu). Hal ini untuk memudahkan pengambilan nomor surat, pelacakan surat, pengarsipan serta efisien dalam pengadministrasian. Besok 27 Februari 2024 calon Hakim akan ditempatkan pada bagian-bagian untuk melakukan pemahaman tata persuratan di Pengadilan Agama Jombang.

(rb)

SIPP

DIRPUT

SIMARI

KOMDANAS

SIKEP

ABS

LPSE

PERPUS

Pengadilan Agama Jombang Kelas IA

Jalan Prof. DR. Nurcholish Madjid
Denanyar, Jombang,
Jawa Timur

(0321) 851337

WA : 0896-8542-0822

pa_jombang@yahoo.co.id



Website ramah disabilitas